Prakata Direktur AKPAR NHI
Sebagai lembaga pendidikan swasta di bawah naungan Yayasan Kopensi STP Bandung, kelangsungan maupun perkembangan Akademi Pariwisata NHI tergantung dari banyak sedikitnya jumlah mahasiswa yang mengikuti pendidikan. Masyarakat berhak memilih lembaga pendidikan sejenis yang mereka inginkan. Untuk itu AKPAR NHI Bandung menempatkan mahasiswa sebagai prioritas yang pertama dan utama dalam penyelenggaraan pendidikan.
Mahasiswa berhak mendapatkan layanan terhadap nilai lebih dari program yang ditawarkan dalam kurikulum sesuai yang mereka harapkan sebagai tempat menuntut ilmu. Seberapa jauh pengalaman yang mereka peroleh selama mengikuti pendidikan, sedemikian pula implikasi yang ditimbulkan terhadap permintaan masyarakat terhadap proses pendidikan di AKPAR NHI Bandung.
Berdasarkan data menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa menentukan AKPAR NHI Bandung sebagai pilihan melanjutkan pendidikan karena rekomendasi teman atau alumni. Hal tersebut berarti bahwa kurikulum selama ini dan proses pendidikan di AKPAR NHI Bandung mampu memenuhi atau bahkan melampaui harapan para peserta didik, sehingga mereka memberikan rekomendasi kepada orang lain yang ingin mengikuti pendidikan.
Perubahan merupakan keniscayaan, tidak ada yang lebih niscaya kecuali perubahan itu sendiri. Demikian halnya dengan kurikulum pendidikan yang harus perspektif normative berorientasi kedepan seiring perkembangan IPTEKS dan perubahan sosial yang berimplikasi terhadap pergeseran kebutuhan masyarakàt pengguna lulusan. Sehubungan dengan latar belakang pemikiran diatas, AKPAR NHI Bandung melakukan evaluasi dan mengembangkan kurikulum Tahun Akademik 2021/2022.
Kurikulum memiliki peran strategis bagi suatu lembaga pendidikan, karena selain berfungsi sebagai pedoman dalam menyelenggarakan pendidikan juga merupakan janji lembaga perihal nilai lebih program yang ditawarkan. Untuk itu pengembangan kurikulum perlu mempertimbangan kapasitas internal maupun eksternal lembaga termasuk permintaan peserta didik maupun pengguna lulusan sesuai ketentuan perundangan yang berlaku.
Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam evaluasi dan perumusan kurikulum Akpar NHI Bandung untuk tahun Akademik 2021/2022 yaitu Badan Pengurus Yayasan Kopensi STP Bandung, Kelompok Kerja Kurikulum, HFLA, IHKA, IFBEC, FBMBA, ICA dengan harapan buku pedoman ini bisa memberikan manfaat bagi yang memerlukan.
Dalam perjalanannya kurikulum ini perlu selalu dilakukan penyesuaian seiring perubahan yang terjadi, utamanya mensikapi era disruptif seperti sekarang ini.