Back

Prakata Direktur AKPAR NHI

Sebagai  lembaga pendidikan swasta di bawah naungan Yayasan Kopensi STP Bandung, kelangsungan maupun perkembangan Akademi Pariwisata NHI  tergantung dari  banyak sedikitnya  jumlah mahasiswa yang mengikuti pendidikan. Masyarakat berhak memilih lembaga pendidikan sejenis yang mereka inginkan. Untuk itu AKPAR NHI Bandung menempatkan  mahasiswa sebagai prioritas yang pertama dan utama dalam penyelenggaraan pendidikan.

Mahasiswa  berhak mendapatkan layanan terhadap nilai lebih dari program yang ditawarkan dalam kurikulum sesuai yang mereka harapkan  sebagai tempat menuntut ilmu. Seberapa jauh pengalaman yang mereka peroleh selama mengikuti pendidikan, sedemikian pula implikasi yang ditimbulkan terhadap permintaan masyarakat terhadap proses pendidikan di AKPAR NHI Bandung.

Berdasarkan data menunjukkan bahwa mayoritas  mahasiswa  menentukan  AKPAR NHI Bandung sebagai pilihan melanjutkan pendidikan karena rekomendasi  teman atau alumni.  Hal tersebut berarti bahwa kurikulum selama ini dan proses pendidikan di AKPAR NHI Bandung mampu memenuhi atau bahkan melampaui harapan para peserta didik, sehingga mereka memberikan rekomendasi kepada orang lain yang ingin  mengikuti pendidikan.

Perubahan merupakan  keniscayaan, tidak ada yang lebih niscaya kecuali perubahan itu sendiri. Demikian halnya dengan kurikulum pendidikan yang   harus  perspektif normative berorientasi kedepan seiring perkembangan IPTEKS dan  perubahan sosial yang berimplikasi terhadap pergeseran kebutuhan  masyarakàt pengguna lulusan. Sehubungan dengan  latar belakang pemikiran diatas,  AKPAR NHI Bandung melakukan evaluasi  dan mengembangkan kurikulum  Tahun Akademik 2021/2022.

Kurikulum memiliki peran strategis bagi suatu lembaga pendidikan, karena selain berfungsi  sebagai pedoman dalam menyelenggarakan pendidikan juga merupakan janji  lembaga perihal nilai lebih   program yang ditawarkan. Untuk itu pengembangan kurikulum perlu mempertimbangan kapasitas internal  maupun eksternal lembaga  termasuk permintaan peserta didik maupun pengguna lulusan sesuai  ketentuan perundangan yang berlaku.

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam evaluasi dan perumusan kurikulum Akpar NHI Bandung untuk tahun Akademik 2021/2022 yaitu Badan Pengurus Yayasan Kopensi STP Bandung, Kelompok Kerja Kurikulum, HFLA, IHKA, IFBEC, FBMBA, ICA dengan harapan buku  pedoman ini bisa memberikan manfaat bagi yang memerlukan.

Dalam perjalanannya kurikulum ini perlu selalu dilakukan penyesuaian seiring perubahan yang terjadi, utamanya mensikapi era disruptif seperti sekarang ini.